13 Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

13 Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dan Tips Menjalankannya

Usaha untuk Ibu Rumah Tangga – Menjadi ibu rumah tangga tentu akan membuat Anda menjadi lebih sibuk. Mulai dari melayani suami, mengurus anak, dan lainnya. Namun, di tengah kesibukan tersebut, ada yang masih menyempatkan diri untuk membangun sebuah usaha.

Apakah Anda salah satunya yang juga sedang mencari ide usaha untuk ibu rumah tangga?

Nah, untuk yang sedang bingung mencari ide usaha rumahan, di sini kami akan menginformasikan beberapa ide bisnis yang prospektif. Selain itu, akan dijelaskan juga bagaimana cara mengatur waktu antara aktivitas keluarga dan bisnis. Jadi, simak artikelnya hingga selesai, ya.

Daftar Isi

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Dewasa ini, ada cukup banyak jenis usaha rumahan yang prospektif. Namun sayangnya, tidak semua cocok untuk ibu rumah tangga. Nah, bagi yang belum menemukan yang cocok, yuk, simak beberapa ide usaha berikut yang sangat pas ditekuni oleh ibu rumah tangga:

Bisnis Menjahit Pakaian

Bisnis Menjahit Pakaian
Bisnis Menjahit Pakaian

Menjahit adalah salah satu bisnis jasa yang tidak memerlukan modal besar. Anda hanya perlu perangkat menjahit dan keahliannya saja. Pekerjaan ini memerlukan ketelitian dalam pengukuran dan mendesain jenis pakaian sesuai keinginan customer.

Menjahit merupakan salah satu bisnis di bidang fashion yang tergolong banyak dibutuhkan. Berminat menekuninya, tapi tidak memiliki keahlian menjahit? Jangan khawatir. Anda bisa kursus terlebih dahulu.

Untuk membangun bisnis ini, Anda bisa memulainya dari orang-orang terdekat, misalnya dari tetangga Anda, keluarga, kenalan, dan lainnya. Dari sanalah bisnis menjahit Anda perlahan akan dikenal oleh banyak orang.

Dropship

Dropship - Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga
Dropship

Saat ini, tidak memiliki produk dan tidak memiliki modal besar bukan kendala untuk tidak memiliki usaha. Karena, ada juga bisnis yang cocok dijalankan untuk yang memiliki kendala tersebut. Salah satunya adalah bisnis dropship.

Dropship adalah bisnis online rumahan. Untuk menjalankannya, Anda tidak memerlukan produk dan modal yang besar. Usaha rumahan ini bisa dijalankan dengan menggunakan laptop, atau smartphone yang terkoneksi dengan internet.

Dropship sangat cocok sebagai usaha untuk ibu rumah tangga. Cara menjalankannya pun mudah. Pertama-tama, buatlah akun di marketplace. Lalu, produknya dari mana? Nah, Anda, bisa menjual produk milik orang lain.

Pengambilan produk bisa dari distributor, atau produksi-produksi lokal yang ada di sekitar Anda. Kemudian, pasarkan produk tersebut. Jangan lupa untuk menambah harganya, namun jangan sampai kemahalan, ya.

Produk yang bisa Anda jual pun beragam, mulai dari pakaian, alat kesehatan, peralatan rumah tangga, dan lainnya.

Membuka Jasa Katering

Jasa Katering
Jasa Katering

Jika Anda pandai mengolah makanan, Anda bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk berbisnis. Salah satunya yaitu membuka usaha katering. Bisnis katering merupakan usaha yang tidak perlu hingga membuka sebuah restoran.

Anda bisa memulai ide usaha ini dengan menjual paket nasi, makanan untuk prasmanan, hingga pesanan kue. Silahkan Anda pilih jenis kuliner mana yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Bisnis katering tidak memerlukan biaya untuk sewa tempat. Untuk mengolah makanan, Anda bisa menggunakan dapur pribadi. Sedangkan untuk pemasaran, bisa juga dilakukan secara online, maupun secara konvensional.

Jasa Laundry

Jasa Laundry
Jasa Laundry

Aktivitas mencuci tentu sudah akrab dengan sosok ibu rumah tangga. Itulah kenapa, bisnis laundry merupakan salah satu usaha yang kami rekomendasikan. Peluang usaha ini terbilang sangat menguntungkan, lho.

Menjalankan bisnis laundry tidak memerlukan keahlian khusus. Anda bisa menjalankannya sambil mengasuh si kecil di rumah.

Untuk memulainya, silahkan Anda persiapkan perlengkapan yang memadai. Perlengkapan-perlengkapannya yaitu seperti mesin cuci, setrika, dan beberapa alat cuci lainnya. Jumlah unit mesin cuci bisa Anda sesuaikan dengan budget masing-masing.

Target pemasaran usaha jasa ini tergolong luas. Targetnya mulai dari mahasiswa, pasangan suami istri yang sibuk bekerja, pekerja kantoran, dan masih banyak lainnya.

Membuka Bimbingan Belajar

Membuka Bimbingan Belajar
Membuka Bimbingan Belajar

Bimbel atau bimbingan belajar juga termasuk usaha rumahan yang tergolong menguntungkan. Cocok sekali untuk Anda yang memiliki kemampuan akademis baik dan suka mengajar. Sasaran usaha ini yaitu anak-anak sekolah yang ada di lingkungan sekitar.

Alat-alat yang dibutuhkan pun cukup sederhana. Pertama-tama, mulailah menyiapkan peralatan berupa kursi, papan, dan meja. Nah, dengan modal peralatan tersebut, Anda sudah bisa langsung memulainya.

Jasa Penulis Lepas

Jasa Penulis Lepas
Jasa Penulis Lepas

Bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang suka menulis. Jasa ini tergolong sangat dibutuhkan. Jasa penulis lepas yang paling banyak dibutuhkan adalah penulis untuk kebutuhan konten website, copywriting, storytelling, dan kepenulisan lain yang berkaitan dengan internet.

Meski tampak mudah, namun Anda harus siap membagi waktu. Karena, selain harus mampu mengolah kata-kata, Anda juga harus konsisten dan taat deadline. Semakin bermanfaat tulisan Anda, maka akan semakin banyak klien yang menggunakan jasa Anda.

Menyewakan Tempat Kos

Menyewakan Tempat Kos
Menyewakan Tempat Kos

Bisnis ini cocok untuk Anda yang memiliki rumah yang luas, dan dekat dengan perkantoran maupun kampus. Jika tempat tinggal Anda memenuhi kriteria tersebut, maka sangat cocok sekali untuk membuka usaha ini.

Agar lebih privasi, Anda juga bisa membuka jenis kos khusus wanita dan pria secara terpisah. Dengan konsep jenis kos ini, maka tempat tinggal Anda tidak akan terlalu ramai dan mengganggu kenyamanan.

Jika Anda serius menjalaninya, mulailah untuk menyediakan fasilitas pendukung untuk anak kos. Beberapa fasilitas tersebut seperti lemari, kasur, dan lainnya.

Usaha Kerajinan Tangan

Usaha Kerajinan Tangan untuk Ibu Rumah Tangga
Usaha Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan masih menjadi salah satu usaha rumahan yang sangat prospektif. Bisnis ini, bisa dibilang mudah dan juga murah. Bahan-bahan kerajinannya pun bisa ditemukan di sekitar kita.

Ada banyak sekali bahan yang bisa disulap menjadi kerajinan yang cantik. Beberapa jenis kerajinan yang paling diminati seperti tempat tisu, gelang, kalung, taplak meja, dan masih banyak lainnya.

Admin Media Sosial

Admin Media Sosial - Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga
Admin Media Sosial

Sekarang, media sosial banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk branding dan pemasaran. Baik itu Instagram, Facebook, hingga Twitter, semua sudah menjadi ladang basah bagi banyak perusahaan.

Hal tersebut membuka kesempatan untuk siapa saja yang ingin mendapatkan pekerjaan sebagai admin media sosial. Tugasnya yaitu memposting foto produk/layanan, membuat caption pemasaran/promosi, menjawab komentar pengikut, dan lainnya.

Jasa Penerjemah

Jasa Penerjemah
Jasa Penerjemah

Hingga saat ini, seseorang yang memiliki kemampuan berbahasa asing masih banyak dibutuhkan. Jika Anda ahli berbahasa asing, jasa ini bisa menjadi usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga.

Tugasnya pun beragam, salah satunya yaitu menerjemahkan dokumen-dokumen penting. Untuk mendapatkan pekerjaan ini, Anda bisa mencarinya di internet. Banyak perusahaan yang membutuhkan orang yang ahli di bidang tersebut. Pekerjaan ini, juga bisa dilakukan di rumah saja.

Berjualan Aksesoris Wanita

Berjualan Aksesoris Wanita
Berjualan Aksesoris Wanita

Menjual aksesoris masih menjadi bisnis yang terbilang menguntungkan. Pasalnya, aksesoris seperti cincin, hijab, bandana, jam tangan, dan lainnya, masih banyak peminatnya. Aksesoris wanita banyak dicari untuk menunjang penampilan sehari-hari.

Jika Anda pintar memilih aksesoris untuk wanita, sebaiknya pilih bisnis ini untuk dijalankan. Semakin menarik aksesoris yang dijual, semakin banyak pelanggan yang membelinya.

Bisnis Loket Pembayaran

Bisnis Loket Pembayaran

Loket pembayaran adalah bisnis yang melayani berbagai pembayaran iuran bulanan. Contoh pembayarannya seperti cicilan kendaraan, pembayaran PDAM, BPJS, listrik, langganan internet bulanan, dan lainnya.

Layanan ini bisa dijalankan di rumah dan dilakukan secara online. Kini, layanan tersebut cukup banyak dicari, di perkotaan maupun di pedesaan.

Menjual Produk untuk Ibu Rumah Tangga

Menjual Produk untuk Ibu Rumah Tangga
Menjual Produk untuk Ibu Rumah Tangga

Satu lagi usaha yang tidak kalah prospektif adalah menjual berbagai produk untuk ibu rumah tangga. Produk untuk kategori usaha ini pun tergolong cukup banyak. Mulai dari produk untuk ibu hamil, item fashion ibu-ibu, produk kesehatan keluarga, dan sejenisnya.

Cara memulai usaha ini tergolong cukup mudah. Anda juga bisa memulainya melalui sistem dropshiper. Silahkan Anda cari distributor peralatan bayi, peralatan ibu hamil, dan lainnya. Kemudian Anda jual kembali dengan penambahan nilai laba.

Selain ide diatas anda juga bisa loh membuka outlet minuman kekinian hanya dengan membeli paket franchise cappucino cincau dan tidak perlu susah lagi memikirkan kebutuhan usaha lainnya, apalagi modal yang dikeluarkan juga sangat terjangkau.

Tips Memanajemen Waktu

Usaha yang dijalankan tidak boleh mengganggu aktivitas Anda sebagai ibu rumah tangga. Agar bisa membagi waktu antara urusan bisnis dan keluarga, berikut kami bagikan tipsnya kepada Anda:

Mempertahankan Rutinitas untuk Keluarga

Mempertahankan Rutinitas untuk Keluarga
Mempertahankan Rutinitas untuk Keluarga

Seberapa sibuk pun Anda membangun bisnis, berusahalah untuk tetap mempertahankan rutinitas keluarga sehari-hari. Misalnya seperti, menyiapkan keperluan sekolah mereka di pagi hari, menyiapkan jam tidur siang si kecil, dan lainnya.

Di sinilah Anda harus fleksibel dalam membagi waktu antara bisnis dan rutinitas keluarga. Karena, rutinitas anak akan berubah seiring bertambahnya usia mereka.

Memanfaatkan Teknologi Secara Optimal

Memanfaatkan Teknologi Secara Optimal
Memanfaatkan Teknologi Secara Optimal

Saat ini, teknologi bisa menjadi sahabat Anda dalam mengembangkan suatu usaha. Maka dari itu, optimalkanlah teknologi yang ada. Misalnya seperti internet, telepon, komputer, email, dan lain sebagianya untuk kebutuhan bisnis.

Contoh kecilnya, mulailah menggunakan aplikasi perbankan untuk urusan transaksi. Dengan begitu, Anda tidak perlu keluar ke bank atau ke ATM untuk urusan keuangan. Contoh lain yaitu menggunakan layanan pick up pengiriman barang dari jasa ekspedisi yang langsung datang ke rumah.

Dengan memanfaatkan teknologi, bisnis yang Anda kembangkan akan semakin mudah. Dengan begitu, membagi waktu antara usaha dan bisnis menjadi semakin optimal.

Melakukan Multitasking Secara Tepat

Melakukan Multitasking Secara Tepat
Melakukan Multitasking Secara Tepat

Ketika menjalankan bisnis, secara otomatis seorang ibu rumah tangga akan sering melakukan multitasking. Ada beberapa atau banyak hal yang harus dilakukan dalam satu waktu.

Multitasking bagi ibu rumah tangga bisa menjadi hal yang bermanfaat. Namun, jika tidak dilakukan secara tepat, bisa-bisa membuat semua pekerjaan tidak beres dalam satu hari. Maka dari itu, mulailah untuk melakukan manajemen waktu yang tepat agar aktivitas berjalan sesuai rencana.

Menjalankan usaha untuk ibu rumah tangga akan optimal ketika dijalankan jika multitasking dilakukan secara optimal. Tujuannya agar, pekerjaan dan juga aktivitas keluarga bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Mengatur Jadwal

Mengatur Jadwal
Mengatur Jadwal

Mulailah mengatur jadwal untuk mengoptimalkan manajemen waktu Anda. Tentukan jam kerja Anda agar semua anggota keluarga tahu. Setelah itu, buatlah daftar pekerjaan yang harus dikerjakan setiap hari.

Sebelum mengatur jadwal, pertimbangkanlah beberapa aspek. Misalnya, mempertimbangkan jam tidur anak. Perhitungkanlah kira-kira jam berapa si kecil tidur siang, atau tidur di malam hari. Nah, setelah mereka tertidur, Anda bisa melakukan atau melanjutkan pekerjaan.

Memaksimalkan Hari Libur

Memaksimalkan Hari Libur
Memaksimalkan Hari Libur

Ada dua pilihan yang bisa dilakukan di hari libur. Pertama, Anda bisa memilihnya sebagai quality time bersama keluarga, kedua menjadikannya sebagai momen untuk bekerja. Silahkan Anda pilih sesuai kebutuhan.

Pilihan tergantung keinginan Anda. Jika ada yang harus dikerjakan, maka kerjakanlah, terutama jika ada tanggungan pekerjaan. Atau, bisa menggunakannya untuk quality time jika pekerjaan Anda bisa ditinggalkan di hari libur.

Disiplin Terhadap Waktu

Disiplin Terhadap Waktu
Disiplin Terhadap Waktu

Komitmen menjadi seorang mompreneur berarti harus disiplin terhadap waktu, bisa membagi waktu untuk usaha dan keluarga. Tidak menunda-nunda aktivitas juga merupakan disiplin. Terutama jika Anda punya urusan penting yang sifatnya mendesak. Hal kecil dan sederhana seperti ini yang akan membuat usaha Anda semakin maju dan keluarga semakin bahagia.

Disiplin terhadap waktu adalah kunci kesuksesan ibu rumah tangga yang sedang membangun usaha.

Penutup

Itulah 12 usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa dijalankan di rumah. Bagaimana, sudah menemukan bisnis apa yang ingin dijalankan? Jika sudah, yuk, mulai persiapkan segala sesuatunya sekarang juga.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Cek Paket Usaha Minuman & Makanan Murah Berikut

Paket Usaha - Cappucino Cincau Tempo Doeloe
Paket Usaha Minuman Cappucino Cincau
Paket Usaha - Bubble Boom
Paket Usaha Minuman Bubble Drinks
Paket Usaha - Nuguy Coklat
Paket Usaha Minuman Coklat Nuguy
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments