Bisnis Laundry Untung Besar - Ini Rahasia dan Cara Memulainya

Rahasia Untung Besar dari Bisnis Laundry dan Cara Memulainya

Bisnis Laundry

Keuntungan dan Cara Memulai Bisnis Laundry

Tidak semua orang sempat mencuci dan menyetrika pakaian setiap hari. Mereka yang sibuk dengan pekerjaan, tidak akan sempat melakukannya. Nah, disinilah jasa laundry berperan sebagai solusi permasalahan tersebut. Itulah kenapa, kami mengangkat bisnis laundry menjadi tema ide bisnis kali ini.

Informasi yang akan dibagikan di sini, sangat cocok untuk Anda yang ingin memulai usaha rumahan. Di artikel ini, kami akan membahas semua hal terkait keuntungan bisnis laundry, hingga cara memulainya.

Daftar Isi

Potensi Bisnis Laundry Saat Ini

Potensi Bisnis Laundry Saat Ini
Potensi Bisnis Laundry Saat Ini

Pertama-tama, mari kita mengulik terlebih dahulu potensi bisnis yang satu ini di era yang serba modern. Jasa laundry adalah bisnis yang sangat prospektif. Karena, target pemasarannya cukup luas. Banyak orang yang membutuhkan layanan ini mulai dari karyawan, mahasiswa, dan kalangan ibu rumah tangga.

Tidak hanya orang yang bekerja saja yang membutuhkan layanan ini. Bahkan, ibu rumah tangga yang sibuk mengurus anak pun menggunakan layanan laundry untuk meringankan beban pekerjaannya.

Artinya, bisa dibilang bahwa bisnis laundry adalah salah satu jenis usaha layanan yang masih potensial. Terlebih jika Anda menjalankannya di tempat yang strategis.

Apakah Bisnis Laundry Menguntungkan?

Apakah Bisnis Laundry Menguntungkan
Apakah Bisnis Laundry Menguntungkan

Dalam memulai bisnis, sudah sewajarnya seseorang selektif dalam menilai prospeknya. Sebut saja salah satunya dalam menilai untung atau tidaknya jika bisnis tersebut dijalankan. Khusus untuk bisnis yang satu ini, bisa dikatakan sangat menguntungkan. Berikut beberapa keuntungan-keuntungan yang dimilikinya:

1. Bisa Dijalankan Sendiri

Bisnis ini tergolong mudah karena bisa Anda jalankan sendiri. Anda tidak perlu karyawan untuk menjalankannya. Berbekal mesin cuci, setrika, dan peralatan mencuci lainnya, Anda sudah bisa memulainya.

2. Bisa Membuka Usaha di Rumah

Laundry adalah salah satu usaha rumahan yang menguntungkan. Anda tidak memerlukan modal tambahan untuk membuka tempat usaha. Cukup menggunakan rumah Anda sendiri, bisnis sudah bisa langsung dijalankan.

3. Cara Mempromosikan Mudah dan Sederhana

Untuk mempromosikan bisnis layanan ini tidaklah sulit. Anda bisa mempromosikannya melalui media sosial, Whatsapp, dan lainnya. Promosikanlah melalui berbagai jalur agar semakin banyak orang yang tahu.

4. Tidak Memerlukan Keahlian Khusus

Bekal keahlian untuk menjalankan bisnis ini tidaklah ribet. Cukup berbekal bisa mencuci dan menyetrika pun sudah bisa dijalankan. Cocok sekali untuk bisnis rumahan para ibu rumah tangga.

5. Penghasilan Tetap

Jika pelayanan Anda bagus dan baik, tidak menutup kemungkinan semua customer akan menjadi pelanggan tetap. Dari satu customer saja, Anda bisa mendapatkan dua hingga tiga kali transaksi per minggunya.

Modal untuk Memulai Bisnis Laundry

Modal untuk Memulai Bisnis Laundry
Modal untuk Memulai Bisnis Laundry

Jika Anda sudah mulai tertarik untuk menjalankannya, maka hal pertama yang harus disiapkan adalah modalnya. Terkait modal, bisnis layanan ini bisa Anda mulai dengan modal Rp6.000.000 saja. Tidak percaya? Yuk, lihat langsung rinciannya berikut ini:

2 Unit mesin cuciRp3.000.000
Timbangan untuk pakaianRp100.000
Rak kayuRp400.000
ListrikRp300.000/bulan
Satu set meja dan kursiRp300.000
Setrika dan tatakan setrikaRp150.000
HangerRp50.000
Detergen dan pewangiRp50.000
Renovasi tempat usahaRp2.000.000
TotalRp 6.350.000

Cara Memulai Bisnis Laundry

Cara Memulai Bisnis Laundry
Cara Memulai Bisnis Laundry

Tertarik untuk memulai usaha laundry? Nah, berikut ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara memulai usaha tersebut kepada Anda. Langkah-langkah memulainya pun tergolong mudah, lho. Yuk, langsung simak caranya di bawah ini:

1. Pemilihan Lokasi

Posisi menentukan kelangsungan layanan laundry yang Anda jalankan. Pada dasarnya, tempat yang strategis memang sangat menentukan hasil dari bisnis yang Anda jalankan.

Lalu, seperti apakah tempat yang strategis untuk usaha laundry? Layanan ini akan semakin menguntungkan jika dijalankan di lokasi dekat lingkungan kosan, perumahan, dan tempat-tempat kuliah.

Namun, terkait pemilihan lokasi, Anda tidak perlu khawatir. Karena, di mana pun posisi Anda, saat ini layanan Anda bisa dipasarkan secara online. Anda bisa menyediakan layanan penjemputan dan pengiriman kepada customer.

2. Tentukan Harga Layanan

Setelah lokasi siap, selanjutnya Anda tinggal menentukan harganya. Sebagai informasi, usaha laundry merupakan salah satu jenis usaha yang terbilang cukup ketat persaingannya. Jika Anda salah menentukan harga, misalnya terlalu mahal, maka akan sulit bersaing.

Meski begitu, Anda pun tidak perlu menurunkan harga sehingga margin yang didapat sangat tipis. Jadi, solusinya adalah, menawarkan harga sesuai dengan kualitas yang diberikan kepada customer.

Harga juga bisa disesuaikan dengan lingkungan sekitar Anda. Maksudnya, jika lingkungan Anda kebanyakan mahasiswa, sebaiknya tetapkanlah harga yang bersahabat untuk kalangan mereka. Karena, kondisi ekonomi umumnya menjadi pertimbangan masyarakat memilih layanan laundry.

3. Memberikan Beberapa Variasi Layanan

Jika bisnis ingin berkembang, mulailah untuk membuka variasi layanan lainnya. Namun, variasi layanan yang Anda tawarkan masih tetap berkaitan dengan bisnis laundry.

Misalnya, jika saat ini Anda hanya menawarkan laundry kiloan, tambahlah variasi layanan Anda. Contohnya seperti layanan laundry ekspres, laundry khusus barang-barang tertentu, dan sebagainya.

Semakin banyak variasi layanan, semakin besar kemungkinan Anda menjaring banyak customer.

4. Memilih Peralatan yang Kompeten

Ada banyak pilihan jenis setrika dan mesin cuci untuk kebutuhan bisnis tersebut. Dalam pemilihan peralatan, pastikan Anda percayakan hanya pada alat yang sudah terbukti kredibilitasnya. Pilihlah mesin cuci yang hanya dikhususkan untuk kebutuhan laundry.

Pastikan juga Anda memilih peralatan yang awet dan tahan lama. Tujuannya agar Anda tidak sering mengeluarkan biaya reparasi atau pembelian alat baru.

Tips Sukses Bisnis Laundry

Tips Sukses Bisnis Laundry
Tips Sukses Bisnis Laundry

Seberapa besar pun potensi suatu bisnis, jika tidak dijalankan secara optimal, maka tidak akan mendapat keuntungan besar. Maka dari itu, ketahuilah strategi marketing jika berencana memulainya. Berikut tips memulai usaha yang sangat tepat untuk meningkatkan keuntungan bisnis laundry:

1. Teliti Terhadap Barang Milik Pelanggan

Layanan laundry tergolong cukup rentan komplain dari pelanggan. Hal tersebut wajar, karena layanan ini berurusan langsung dengan barang milik pelanggan. Maka dari itu, telitilah dan jangan sampai ceroboh.

Contoh sederhananya seperti, memisahkan pakaian putih dengan pakaian berwarna agar tidak luntur. Kehati-hatian sangat diperlukan agar pelanggan tidak kapok menggunakan layanan Anda.

2. Jangan Lupa Melakukan Pemasaran dan Promosi

Jika tidak melakukan pemasaran dan promosi, maka akan sedikit yang mengenal usaha Anda. Pemasaran juga bermanfaat untuk mengenalkan layanan Anda. Mulai dari kelebihan, hingga keuntungan menggunakan laundry Anda. Dengan begitu, customer bisa tahu benefit apa saja jika menggunakan layanan Anda.

Anda tidak perlu ribet saat melakukan pemasaran. Karena, kini bisa dilakukan dengan cara sederhana. Mulai dari memasang banner, menyebar brosur, hingga memasarkannya melalui media sosial.

3. Gunakan Karyawan Jika Diperlukan

Karyawan akan sangat dibutuhkan jika Anda ingin memulai bisnis dengan skala besar. Selain itu, karyawan juga sangat dibutuhkan jika pemesanan layanan sudah menumpuk dari customer.

Jangan ragu untuk menggunakan karyawan untuk kelangsungan bisnis. Karena jika bisnis sudah semakin besar, Anda tidak akan bisa melakukan berbagai hal sendirian.

4. Mengatur Keuangan

Bisnis yang dijalankan harus disertai dengan aturan keuangan yang jelas dan terarah. Karena, pengaturan keuangan merupakan salah satu kunci sukses dalam berbisnis. Pengaturan keuangan juga sangat krusial dalam bisnis ini. Maka dari itu, buatlah pembukuan yang baik dan benar.

5. Memberi Pelayanan Prima dan Memuaskan

Sebagai informasi, harga yang murah tidak menjamin layanan Anda akan laris manis. Pastikan juga Anda memberikan layanan yang prima dan memuaskan setiap pelanggan. Perhatikanlah apakah Anda sudah memberi yang terbaik dalam urusan layanan atau belum?

Meski Anda memberi tarif yang murah, namun pelayanannya buruk, customer tidak akan ada yang mau dengan layanan Anda. Hal yang perlu ditingkatkan di antaranya seperti kejujuran, pintar menyetrika, pintar mencuci, dan bertanggung jawab terhadap barang pelanggan.

6. Lakukan Pemasaran Secara Kreatif

Jangan hanya sekedar melakukan pemasaran dan promosi saja. Pastikan pemasaran dilakukan secara kreatif dan benar. Terlebih jika saingan di tempat Anda cukup ketat. Maka dari itu, pemasaran dan promosi yang kreatif akan membantu Anda lebih menonjol dari layanan lain.

Hal yang Harus Dihindari Dalam Bisnis Laundry

Hal yang Harus Dihindari Dalam Bisnis Laundry
Hal yang Harus Dihindari Dalam Bisnis Laundry

Sama seperti bisnis pulsa, dalam menjalankan usaha laundry juga ada banyak hal yang harus dihindari. Berikut rangkuman hal-hal apa saja yang harus dihindari saat menjalankan bisnis ini:

1. Tidak Memberikan Pelayanan Yang Memuaskan

Seperti yang sedikit disinggung di atas, bisnis layanan ini rentan terhadap komplain. Pastikan pengerjaan Anda tepat waktu, kualitas layanan baik, dan berhati-hatilah saat mencuci pakaian milik pelanggan.

2. Mematok Harga Layanan Secara Asal-Asalan

Sebelum membanderol harga, sebaiknya Anda survey terlebih dahulu harga di tempat lain. Karena, harga juga menjadi pertimbangan customer untuk memilih Anda. Pastikan harganya tidak kemahalan dari kompetitor.

3. Mendirikan usaha di Lokasi yang Kurang Strategis

Pastikan Anda membuka usaha di tempat yang tepat. Misalnya seperti di daerah perkantoran, kosan, rumah warga, dan lainnya. Pastikan juga tempat Anda mudah diakses oleh para customer.

4. Memilih Pewangi Asal-Asalan

Dalam usaha laundry, pewangi adalah hal yang krusial. Pastikan Anda memilih pewangi yang tepat dan berkualitas. Dengan begitu, pelanggan akan nyaman menggunakan layanan Anda. Carilah rekomendasi pewangi yang cocok untuk usaha Anda.

Penutup

Usaha laundry merupakan salah satu bisnis yang tidak akan pernah ada matinya. Namun, persaingan yang semakin ketat menuntut para pelaku usahanya untuk berpikir kreatif. Meski tingkat persaingannya terbilang kompetitif, bisnis ini masih terbilang prospektif untuk di jalankan di berbagai daerah.

Bagaimana, tertarik untuk memulai bisnis laundry? Nah, trik dan tips di atas, bisa Anda aplikasikan untuk memulai usaha tersebut. Yuk, segera persiapkan segala sesuatunya.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Cek Paket Usaha Minuman & Makanan Murah Berikut

Paket Usaha - Cappucino Cincau Tempo Doeloe
Paket Usaha Minuman Cappucino Cincau
Paket Usaha - Bubble Boom
Paket Usaha Minuman Bubble Drinks
Paket Usaha - Nuguy Coklat
Paket Usaha Minuman Coklat Nuguy
4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments